2019/121DAK-202-2022/2023-Islam dan Budaya-C1-H.503

Mata Kuliah Islam dan Budaya adalah salah satu mata kuliah yang wajib diikuti dijurusan Komunikasi Penyiaran Islam.

Islam sebagai agama adalah agama yang langsung berasal dari Allah swr, sedangkan budaya adalah produk yang dilahirkan oleh manusia. Agama Islam bukan budaya, dan budaya bukan bagian dari agama.  Oleh karena itu dapat dikategorikan bahwa ada agama samawi yaitu agama yang diyakini turun dari Tuhan dan ada agama-agama yang bukan diturunkan oleh Tuhan.

121FAI1213-2022-2023-C1-H 502

Mata kuliah penulisan karya ilmiah adalah matakuliah
wajib tempuh bagi mahasiswa yang bertujuan
memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan
sehingga menghasilkan satu karya tulis yang
berkualitas dengan cara yang benar. Matakuliah ini
membahas jenis-jenis karya ilmiah, cara menyusun
karya tulis, dan praktik membuat karya tulis. Strategi
kuliah meliputi kegiatan tatap muka, diskusi dan atau
bedah buku/artikel dan kajian peraturan penulisan
karya tulis. Evaluasi dilakukan melalui tes tertulis,
tugas presentasi, diskusi, keaktifan dalam perkuliahan,
aktivitas diskusi

121FAI1211-2022-2023-Sejarah Peradaban Islam-C1-504

SEJARAH PERDABAN ISLAM

Islam yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW telah membawa bangsa Arab yang semula terbelakang, bodoh, tidak terkenal dan diabaikan oleh bangsa-bangsa lain, menjadi bangsa yang maju. Ia dengan cepat bergerak mengembangkan dunia, membina satu kebudayaan dan peradaban yang sangat penting artinya dalam sejarah manusia hingga saat ini. Bahkan kemajuan Barat pada mulanya bersumber dari peradaban Islam yang masuk ke Eropa melalui Spanyol. H.A.R. Gibb dalam bukunya Whitter Islam menyatakan,  “Islam sesungguhnya lebih dari sekedar sebuah agama, ia adalah sebuah peradaban yang sempurna”.

Sejarah peradaban Islam dibagi menjadi 3 periode, klasik, pertengahan dan modern. Pada periode klasik kebudayaan dan peradaban Islam identik dengan kebudayaan dan peradaban Arab sejalan dengan dominasi bangsa Arab dalam pemerintah dan bahasa. Pada periode berikutnya, mulai terjadi perubahan-perubahan signifikan dengan muncul dan berkembangnya beberapa peradaban Islam. Sampai saat ini, tercatat empat kawasan pengaruh kebudayaan Persia, kawasan pengaruh kebudayaan Turki dan kawasan pengaruh kebudayaan India-Islam yang       selalu menjadi objek kajian keIslaman kontemporer. Pengkajian sejarah Islam di Indonesia mendapatkan porsi cukup besar,  mengingat penyebaran Islam di nusantara memiliki corak yang khas.

Materi buku ini dengan uraian sejarah peradaban Islamnya menjadi bahan yang sangat penting dan berguna bagi mereka yang berminat pada studi keIslaman, antara lain mahasiswa dan pengajar dari fakultas-fakultas ke-agamaan di perguruan tinggi.

SOSIOLOGI KOMUNIKASI DAKWAH CI/121KPI201/2022

Sosiologi komunikasi dakwah merupakan salah satu matakuliah yang diajarkan di perguruan tinggi negeri maupun swasta, memberikan pemahaman kepada mahasiswa; untuk mengungkap masalah sosial yang terjadi pada masyarakat modern dan tradisional yang terkait dengan masalah dakwah, dan upaya yang dilakukan pelaku dakwah dalam memberikan solusi terhadap masalah sosial dengan menggunakan pendekatan Teori Sosiologi, Al-Quran maupun Hadis.

Matakuliah Sosiologi Ilmu  Dakwah membuka tabir dan memberikan solusi terhadap masalah sosial yang selama ini membelenggu kehidupan masyarakat. Ada beberapa hal yang dilihat terkait dengan Sosiologi Dakwah di antaranya isu-isu dakwah global dan klasik yang terkait perubahan sosial, konflik, keberagamaan, budaya, ekonomi, politik, kesehatan sosial, kemiskinan, dan teori-teori sosial. Solusi langkah strategi yang dilakukan pelaku dakwah agar masalah sosial dapat teratasi dengan cepat, yakni lewat media yang digunakan, materi yang menzaman.

Tujuan utama buku Pengantar Sosiologi Dakwah untuk memberikan solusi terhadap masalah dakwah yang muncul di tengah masyarakat plural, sehingga dalam merealisasikan dakwah para dai (pelaku dakwah), rnadu (objek dakwah), rnaddah (materi dakwah), wasilah (media dakwah), thariqah (metode), dan atsar (efek dakwah) terjadi kombinasi, sehingga dakwah dapat tercapai dengan baik. Sebab arah tujuan dakwah berangkat dari kondisi masyarakat dan hasilnya juga akan memberikan manfaat terhadap kemajuan masyarakat.

Desai Kreatif Audio Visual
  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet