DESKRIPSI MATA KULIAH:
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib umum pada program studi Kesehatan Masyarakat. Mata kuliah ini membahas tentang Konsep dasar promosi dan pendidikan kesehatan, Sejarah dan prinsip promosi kesehatan, Strategi promkes advokasi, Strategi promkes bina suasana, Strategi promkes gerakan pemberdayaan masyarakat, Teori dan perubahan perilaku kesehatan (konsep perilaku dan perilaku kesehatan), Teori dan perubahan perilaku kesehatan (persepsi), Teori dan perubahan perilaku kesehatan (perilaku sakit), Teori dan perubahan perilaku kesehatan (perilaku pencarian yankes), Health belief model, Resoned action & planed behaviour, Transtheorical model, dan Determinan perilaku kesehatan (lawrence green). Kemampuan dasar promosi kesehatan sangat diperlukan untuk membantu mengarahkan dan mempercepat perubahan perilaku masyarakat kearah perilaku sehat
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang Konsep dasar promosi dan pendidikan kesehatan, Sejarah dan prinsip promosi kesehatan, Strategi promkes advokasi, Strategi promkes bina suasana, Strategi promkes gerakan pemberdayaan masyarakat, Teori dan perubahan perilaku kesehatan (konsep perilaku dan perilaku kesehatan), Teori dan perubahan perilaku kesehatan (persepsi), Teori dan perubahan perilaku kesehatan (perilaku sakit), Teori dan perubahan perilaku kesehatan (perilaku pencarian yankes), Health belief model, Resoned action & planed behaviour, Transtheorical model, dan Determinan perilaku kesehatan (lawrence green).
PROSES EVALUASI
Pada matakuliah ini, persentasi penilaian adalah sebagai berikut:
KEAKTIFAN DALAM KELAS (DISKUSI) : 20%
KUIS : 15%
MID TEST : 15%
TUGAS INDIVIDU : 15%
TUGAS KELOMPOK : 15%
FINAL TEST : 20%
Segala aktivitas setiap mahasiswa pada LMS ini akan dipantau dan dijadikan sebagai acuan melakukan penilaian. Aktivitas yang dimaksud adalah kehadiran pada saat web meeting (kuliah online tatap muka), pengaksesan materi ajar baik teks, file materi maupun video, keaktifan dalam forum diskusi, serta aktif dalam mengerjakan tugas-tugas.
Pada setiap materi pertemuan, akan ada tugas, quiz, serta forum diskusi. Wajib memperhatikan arahan sebelum mengerjakan aktivitas tersebut. Seluruh mahasiswa wajib mengikuti seluruh aktivitas yang ada.
Kuliah tatap muka secara online (menggunakan Zoom atau semacamnya) akan dilakukan sebanyak 4 kali, yakni pada saat awal perkuliahan, pertemuan sehari sebelum UTS, pertemuan sehari setelah UTS, dan pertemuan sehari sebelum UAS.
Daftar Hadir, wajib diisi setiap mahasiswa. Daftar Hadir akan terbuka dan bisa diakses sesuai dengan jam perkuliahan yang telah ditentukan pada SIAKAD.
Dikarenakan model pembelajaran yang dilakukan adalah daring, maka DISIPLIN adalah kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran secara daring.
POIN PENILAIAN
PUSTAKA:
- Ali, Zaidin. 2000. Dasar-dasar pendidikan kesehatan masyarakat, ed. 1
- Anderson, Foster, 1986, Antropologi Kesehatan, UI, Jakarta
- Departemen Kesehatan RI (1997). Deklarasi Jakarta tentang Promosi Kesehatan pada Abad 21. Jakarta: PPKM Depkes RI.
- Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Indonesia Sehat 2010, Depkes, RI, Jakarta:1999.
- Dignan, M.B., Carr, P.A. (1992). Program Planning for Health Education and Promotion. 2nd ed. Philadelphia: Lea &Febiger.
- Ganong, W.F. (1998). Review of Medical Physiology. Dharma, A. (Alih Bahasa). Edisi 16. Jakarta: EGC Penerbit Buku Kedokteran.
- Ircham Machfoedz dan Eko Suryani., 2007, Pendidikan Kesehatan Bagian Dari Promosi Kesehatan, Cetakan Kelima, Penerbit Fitramaya, Yogyakarta.
- Linda Ewles, Ina Sinmett, 1994. Promosi Kesehatan, Petunjuk Praktis, Gajah mada University Press, Yogyakarta.
- Lisda Yulianti H, Promosi Kesehatan untuk Indonesia Sehat 2010; pusdiknakes.or.id “Perkembangan Dan Tantangan Masa Depan Promosi Kesehatan Di Indonesia”, www.promkes.com
- New placer for new era, leading health promotion into 21 st century, 4th internacionalconfrence on health promotion, Jakarta, 21-25 july 1989.
- Ngatimin,. 2005. Dari Hipocratessampai Winslow danPengembanganIlmuKesehatanSelanjutnya. PT. Yayasan PK3, Makassar.
- ____________. 2005. Sari dan Aplikasi Ilmu Perilaku Kesehatan. PT. Yayasan PK3, Makassar.
- ____________. 2005. Komitmen Dokter dan S.K.M Mewujudkan Hidup Sehat. PT. Yayasan PK3, Makassar.
- Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat ; Prinsip-prinsip Dasar. Jakarta : Rineka Cipta
- ____________. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Cetakan Pertama. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
- ____________. 2005, Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasinya, Cetakan Pertama, PT. Rineka Cipta, Jakarta
- ____________. 2007, Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku, Cetakan Pertama, PT. RinekaCipta, Jakarta
- Nutbeam, D. &Catford, J. C., 1986. Health Promotion in Action: Practical Ideas for Programme Implementation, Health Promotion,Informasi (2).
- Perkins, E.R., Simnett, I., Wright, L. (1999). Evidence-based Health Promotion. Chichester: John Wiley & Sons.
- Pusat Promosi Kesehatan, Kemitraan dengan sector swasta. Departemen kesehatan. RI, Yakarta: 2003.
- Rahmat, J. (2001). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., Rahardjito (2002). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Sarwono, S.W. (1992). Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: P.T. Rajawali Press.
- Schumacher, E.F. (1987). Kecil itu Indah, Ilmu Ekonomi yang Mementingkan Rakyat Kecil. Jakarta: LP3ES
- Subarniati, R. Saenun. Qomaruddin, M.B. Rahayuwati, L. Hargono, R. (1996). Dasar-Dasar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Surabaya: Bagian Pendidikan Kesehatan dan Perilaku, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga.
- Walgito, B. (1999). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta.
- World Health Organization. (1998). Health Promotion Glosarry. Geneva: HPR-HEP WHO.
- ___________________. (2000). Health Promotion. http://www.who.int/health-promotion
- Yusuf, S. (2002). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Rosdakarya. Bandung
- Teacher: 0916108301 Dr. Yusriani, S.K.M.,M.Kes
- Enrolled students: 20