18632IP312/2020-2021/C1- 5 Lughat Al Sahafah

Setelah mempelajari materi Lugah Al Sahafah mahasiswa dapat mengetahui perbedaan dan karekteristik bahasa pers dengan bahasa pemberitaan lainnya, sehingga para mahasiswa dapat menyesuaikan diri dengan kaedah-kaedah dan format bahasa pers yang populer dan spesifik kearaban.

18632IK308/2020-2021/C1-5 Telaah Prosa Arab

Dengan mempelajari telaah prosa Arab diharapkan mahasiswa dapat mengetahui dan membedakan antara prosa dengan puisi arab dengan segala unsurnya, sehingga para mahasiswa dapat mengekspresikan nilai-nilai prosa arab itu sebagai bagian dari keutuhan materi kesusasteraan arab pada umumnya.

18642PT502	ARABIC FOR COMMUNICATION	C2
18632IK507-2020/2021-Lughatul Rihlah was Siyahah-C1

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan pada Program S1 (Sarjana) Sastra Asia Barat di Universitas Muslim Indonesia. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu mempraktekkan dialog dalam Bahasa Arab yang terkait dengan perjalanan (rihlah) dan pariwisata (siyahah) khususnya di Timur Tengah.
Dalam perkuliahan ini dibahas istilah-istilah yang terkait perhotelan, transportasi, emigrasi, destinasi wisata di timur Tengah, dll. Untuk memaksimalkan pencapaian pembelajaran (CPL) pelaksanaan kuliah dilakukan dengan pendekatan experiental Learning dan Project based Learning.

18632IK502-5-C1 Ilmu Nafs Al lughawi

Psikolinguistik adalah ilmu hibrida yakni ilmu yang merupakan gabungan antara dua ilmu: psikologi dan linguistik

18632IK506-05-C1 Lahjah Arabiah

Lahjah Arabiah (Dialek  bahasa Arab) adalah varian-varian dalam bahasa yang sama. Varian-varian ini berbeda satu sama lain, tetapi masih banyak menunjukkan kemiripan satu sama lain sehingga belum pantas disebut bahasa-bahasa yang berbeda. Biasanya pemerian dialek adalah berdasarkan geografi, namun bisa berdasarkan faktor lain, misalkan faktor sosial. Sebuah dialek dibedakan berdasarkan kosa kata, tata bahasa, dan pengucapan. Dialek (اللهجات ) menurut para ahli bahasa Arab adalah bahasa dan huruf yang digunakan oleh sekelompok orang dalam rumpun tertentu yang menyebabkan adanya perbedaan ucapan bahkan bacaan antara satu dengan yang lainnya.