1502FF106_C3_20201_C3_WAWASAN PROFESI DAN KEWIRAUSAHAAN

Mata kuliah ini adalah pengenalan Profesi Kefarmasian dan Kewirausahaan

1503FF328/20201/C3/TEKNOLOGI SEDIAAN SEMIPADAT & CAIR

Teknologi sediaan Semipadat dan Cair di sajikan di semester Lima berjalan. Mata kuliah ini akan disajikan selama 14 kali pertemuan di luar pertemuan UJian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Materi yang disajikan di mata kuliah ini adalah : Ruang lingkup tenologi sediaan semipadat dan cair, Sediaan larutan dan pembagiannya, Komposisi dan metode pembuatan Sediaan Larutan, Evaluasi Sediaan Larutan, Definisi dan Pembagian Sediaan Suspensi, Pendekatan Suspensi yang Stabil, Komposisi dan Metode Pembuatan Sediaan Suspensi, Evaluasi Sediaan Suspensi, Definisi dan Pembagian Sediaan Emulsi, Emulgator, Komposisi dan Metode Pembuatan Sediaan Emulsi, Evaluasi Sediaan Emulsi, Sediaan Semipadat, dan Komposisi, metode pembuatan, & evaluasi sediaan semipadat 

Nikmati kuliah daring dengan enjoy yah...Tetap semangat dan jaga kesehatan 

1502CK203-C4 AKHLAK

Akhlak merupakan salah satu unsur dalam ajaran Islam. Meskipun mempunyai ruanglingkup kajian tersendiri, namun akhlak tidak  dapat dipisahkan dengan unsur ajaran Islam yang lainnya, yakni , Aqidah dan Syari'ah.  Mata kuliah akhlak ini sering disebut dengan ihsan.yakni ilmu yang membicarakan masalah  perangai, tatakrama atau budi pekerti, tabiat dan adat kebiasaan manusia di dalam bersikap dan berperilaku yang berlandaskan pada keimanan kepada Allah Swt. Akhlak dalam Islam mempunyai dimensi yang luas dan lengkap (konperhensif) mengarahkan manusia dalam berinteraksi baik antara manusia dengan Tuhannya, manusia dengan sesamanya dan manusia dengan makhluk-makhluk lainnya. bahkan manusia dengan hati nuraninya sendiri.  Dengan mempelajri akhlak ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan pemikiran yang luas,dan mampu berpikir rasional serta senantiasa berperilaku yang baik  yang pada gilirannya akan membentuk kepribadian  muslim, yakni manusia yang beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah.


1502CK101-C7-AQIDAH
Mata kuliah memberikan wawasan pengetahuan tentang keimanan atau aqidah yaitu sebuah disiplin ilmu yang disebut dengan ilmu tauhid, ilmu aqaid, ilmu kalam, ilmu ushuluddin, dan sebagainya. Aspek pokok pembahasan ilmu ini adalah masalah keyakinan mengenai eksistensi Allah Yang Maha sempurna, Mahakuasa, dan kesempurnaan lainya. Keyakinan terhadap eksistensi Allah swt. Hal tersebut akan membawa seseorang untuk mempercayai keberdaan malaikat-malaikat, kitab-kitab suci yang diturunkan Allah, Nabi-nabi dan Rasul-rasul Allah, kehidupan sesudah mati, dan mempercayai keberadaan takdir yang telah ditetapkan, baik maupun buruk. Dengan mempercayai semua hal tersebut, diharapkan mahasiswa menyadari kewajibannya sebagai seorang hamba kepada Khaliknya, dan merupakan bentuk nyata dari aplikasi nilai-nilai rukun iman dalam kehidupan.
201-FF-C11 FISIKA DASAR

Fisika dasar merupakan ilmu pengetahuan yang membahas tentang fenomena atau perilaku struktur materi. Mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman yang kuat dan komprehensif tentang konsep dan hukum (persamaan) dasar fisika dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari serta sesuai bidang profesinya. Menanamkan konsep dasar analisa gejala fisis yang ditemukan dalam kehidupan dan untuk pengembangan sains dan teknologi khususnya bidang farmasi. Materi pokok fisika antara lain: pengukuran dan sistem satuan, mekanika, kerja dan energi, momentum, gerak osilasi, mekanika fluida, suhu dan kalor, termodinamika, gelombang dan bunyi, listrik dan magnet serta fisika modern.

1503FF104/20201/C6/BOTANI FARMASI

Mata kuliah Botani Farmasi berisi pokok-pokok bahasan tentang morfologi tumbuhan, struktur, anatomi dan proses fisiologi yang terjadi di dalam sel tumbuhan. Pada mata kuliah ini juga dibahas klasifikasi tumbuhan tingkat tinggi berdasarkan pola perbungaan dan kemotaksonomi yang digunakan sebagai obat, teknik determinasi tumbuhan berdasarkan karákter dan karakteristik tumbuhan, bentuk morfologi organ,  perkembangan tumbuhan dari embrio hingga dewasa, struktur sel tumbuhan, klasifikasi jaringan tumbuhan, metabolism tumbuhan, fotosíntesis, dan  respirasi tumbuhan, dan zat ergastik pada tumbuhan.


1503FF104

Botani Farmasi adalah mata kuliah wajib yang mempelajari tentang tumbuhan, terutama tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat. Morfologi dan anatomi serta sistematika  tumbuhan menjadi kajian dalam MK ini.

1503FF330/2020/C12/ANALISIS INSTRUMEN

Mata kuliah   ini membahas tentang instrumen-instrumen spektrofotometer (UV-Vis, AAS, IR), spektrometer (H-NMR, C-NMR, MS) dan kromatografi (TLC, GC, HPLC), prinsip kerja, komponen-komponen aktif instrumen serta sifat-sifat bahan yang dapat dianalisisnya, serta dapat menginterpretasikan data hasil analisis instrumen tersebut baik secara kualitatif maupun kuantitatif.