18672IP203-2020/2021-C2-F17

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

أهلا وسهلا
Semoga kita dalam keadaan sehat wal afiyat dan senantiasa mendapatkan kasih sayang dan ampunan Allah swt., Amin!

Sebagai pengampuh mata kuliah Bahasa Arab di Prodi Sastra Inggris, saya akan berbagi ilmu pada kalian tentang materi dasar-dasar Bahasa Arab yang akan kita laksanakan selama 16 kali pertemuan, Insya Allah.

DESKRIPSI MATA KULIAH BAHASA ARAB

Ada berbagai keuntungan saat belajar bahasa Arab. Tidak hanya menambah kemampuan berbahasa asing, tetapi juga bisa menambah pahala dan pemahaman tentang berbagai hal dalam kehidupan. Berikut ini adalah rinciannya.

1.     Menjadi bahasa resmi di 25 negara

Salah satunya karena bahasa Arab sudah menjadi bahasa resmi di 25 negara. Di antaranya adalah Arab Saudi, Qatar, Oman, Uni Emirat Arab, dan lain-lain. Jika Anda bisa menguasai bahasa ini, berarti kesempatan Anda untuk kuliah dan bekerja ke luar negeri semakin luas. Universitas di Timur Tengah terkenal akan kualitasnya. Tidak hanya menghasilkan lulusan yang pintar, tapi juga paham akhlak dan berbudaya. Bahkan para kaum intelektual juga lahir dari kampus-kampus di Timur Tengah. Karena itulah Anda perlu belajar bahasa Arab, demi masa depan yang lebih baik! Tidak hanya urusan duniawi, belajar bahasa Arab juga mempermudah urusan akhirat. Sebab bahasa ini erat kaitannya dengan agama Islam. Jadi bisa sekaligus memperdalam ajaran agama.

2.     Mempermudah Belajar Al-Qur’an

Seperti yang sudah diketahui, setiap halaman dalam Al-Qur’an menggunakan bahasa Arab. Dengan mempelajari bahasa tersebut, kita akan lebih mudah memahami kitab ini. Tidak hanya dari segi pelafalan, tetapi juga dari segi mengartikan makna setiap kata dan kalimat. Belajar bahasa Arab ibaratnya seperti mengikuti kelas percepatan dalam belajar Al-Qur’an.

3.     Memperdalam Pemahaman tentang Agama Islam

Bahasa Arab dan agama Islam memiliki hubungan yang sangat erat. Dengan Anda mempelajari agama Islam dan bahasa Arab, maka Anda akan mendapat keuntungan untuk memahami keduanya. Belajar bahasa Arab akan mempercepat Anda untuk memahami berbagai hal dalam agama Islam. Bahasa Arab juga menjadi keuntungan saat Anda hendak menyebarkan ilmu melalui dakwah kepada masyarakat. Dengan kemampuan bahasa Arab yang bagus, maka Anda bisa membahas ayat-ayat Al-Qur’an dengan lebih lancar. Lancar berbahasa Arab menjadi keuntungan bagi para penyimak dakwah, sebab memberi pandangan yang lebih lengkap tentang topik tersebut.

4.     Mempermudah Belajar dari Sumber-sumber Berbahasa Arab

Sebagai umat muslim, alangkah baiknya jika mempelajari agama dari berbagai sumber. Terutama sumber-sumber asli seperti karya para ulama. Jika kita bisa menguasai bahasa Arab, mudah untuk memahami karya-karya tersebut tanpa perlu membaca terjemahannya, karena itu merupakan sebuah keuntungan besar. Tidak semua karya berbahasa Arab diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Alangkah sayangnya jika kita tidak bisa membaca karya tersebut karena keterbatasan kita dalam memahami Bahasa Arab. Jadi, akan lebih baik lagi jika kita mau belajar bahasa Arab dan itu bisa menjadi solusi untuk memahami sumber-sumber berbahasa Arab secara langsung.

5.     Menenangkan Hati dan Pikiran

Bahasa Arab sungguh ajaib. Tidak hanya bermanfaat untuk hal-hal teknis, tetapi juga dapat memberi manfaat secara mental. Bahasa ini dikenal dapat menenangkan hati dan pikiran orang yang mempelajarinya. Sebagai contoh, umat muslim yang membaca Al-Qur’an secara rutin tentu merasakan kedamaian. Demikian juga dengan berbagai teks berbahasa Arab lainnya. Dengan keunikan cara membaca dan pelafalannya, bahasa ini mampu menggetarkan orang-orang yang menikmatinya. Tidak hanya menenangkan bagi diri sendiri, tetapi juga bisa mendamaikan hati orang-orang di sekitar.

6.     Menambah Pengetahuan Secara Global

Jika menguasai bahasa Arab, akses yang akan Anda dapat terhadap berbagai media informasi semakin terbuka lebar.Anda bisa mengetahui berbagai berita terbaru tentang negara Arab dalam bahasa aslinya. Contohnya adalah melalui siaran televisi Arab, website berbahasa Arab, dan sebagainya. Hal itu membuat aliran informasi lebih banyak dan variatif.

Begitulah berbagai manfaat yang dapat diperoleh dengan menguasai bahasa Arab. Banyak sekali, bukan?